Warning: mkdir() [function.mkdir]: Disk quota exceeded in /home/koran856/public_html/media/widgetkit/widgets/twitter/twitter.php on line 35

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/koran856/public_html/media/widgetkit/widgets/twitter/twitter.php:35) in /home/koran856/public_html/templates/ks_theme/libs/gk.template.helper.php on line 112
Brand Positioning adalah Janji Merek Anda
A+ R A-

Brand Positioning adalah Janji Merek Anda

E-mail Cetak PDF

branding

Membahas tentang brand positioning tentunya tidak akan terlepas dari sang penemu konsep positioning yaitu Al Ries dan Jack Trout. Mengutip dari buku Positioning – Diferensiasi – Brand milik MarkPlus&Co, Ries-Trout mengatakan ”…positioning is not what you do to a product. Positioning is what you do to the mind of the prospect. That is, you position the product in the mind of the prospect.” Kurang lebih artinya, positioning adalah menempatkan produk dan merek kita menancap dibenak pelanggan. Dengan definisi tersebut Ries-Trout berargumentasi bahwa setiap produk, merek dan perusahaan yang sukses selalu memiliki posisi yang kokoh dan unik dibenak pelanggannya.

Sejenak apabila kita perhatikan, mungkin sebagian besar pelaku bisnis ataupun pemilik merek di Indonesia belum sepenuhnya atau malah justru tidak menganggap penting konsep brand positioning. Bagi mereka yang penting bisnis jalan dulu, nanti bisa dilihat sambil berjalan. Dalam konteks branding, sebaiknya strategi positioning merek ditentukan didetik awal memulai bisnis. Jangan sampai persepsi yang muncul dibenak pelanggan nantinya berbeda dengan persepsi yang sebenarnya hendak kita ciptakan. Karena ketika persepsi yang muncul salah atau berbeda, tentu akan membutuhkan waktu, energi dan biaya yang lebih untuk membenarkan. Meskipun dalam beberapa kasus tertentu perumusan brand repositioning dapat menjadi salah satu solusi. Tetapi penentuan positioning merek diawal akan mempermudah merek kita memisahkan diri dari merek pesaing dan men-drive merek kita untuk berjalan sesuai brand road map yang telah ditentukan. Inilah mengapa pakar-pakar pemasaran selalu menganggap bahwa brand positioning merupakan satu hal yang krusial.

Lalu mengapa brand positioning disebut sebagai janji merek? Ketika Lifebuoy mengikrarkan diri sebagai “sabun kesehatan”, maka sesungguhnya ia sedang berjanji kepada pelanggannya bahwa Lifebuoy adalah benar-benar sabun kesehatan yang mampu membersihkan segala kuman yang menempel pada kulit tubuh kita. Lalu Extrajoss dengan “biangnya minuman berenergi” seolah berjanji kepada pelanggannya apabila mereka merasa staminanya menurun dan membutuhkan tambahan energi maka Extrajoss dengan segala kandungan didalamnya akan mengembalikan kebugaran dan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas kembali.  Kemudian ada Teh Sosro dengan “ahlinya teh”, Honda dengan “rajanya motor bebek”, Vegeta dengan “minuman berserat” dan sabun Lux dengan “sabun kecantikan para bintang” ini semua merupakan perumusan positioning sebagai janji merek kepada pelanggannya.

Dalam menentukan brand positioning tidak boleh asal-asalan, kita berjanji terlalu muluk-muluk tetapi konten produk dan merek kita tidak dapat memenuhi apa yang kita janjikan. Jangan sampai seperti para politikus yang mengumbar janji tetapi tidak dapat memenuhi ekspektasi rakyatnya, ini berbahaya karena akan menjadi blunder dan berakibat fatal, yaitu hilangnya kepercayaan pelanggan kepada merek Anda. Sekali lagi, tentukan brand positioning didetik awal Anda memulai bisnis, pertama untuk mempermudah kita memisahkan diri dari merek pesaing dan yang kedua men-drive merek kita untuk menciptakan persepsi pelanggan tepat seperti yang kita harapkan.

 

Salam Kreatif.

mamo

Bersama: Kadaryatmo (Mamo')

Branding Strategist

 

 

 

 


Untuk Pertanyaan Konsultasi, Isikan Form di bawah ini:


Share artikel ini

Form Konsultasi Branding

...

Artikel Branding Lainnya